comment 0

Step by Step Belajar REST API Menggunakan FLASK di Windows (preparation)

flask

Kali ini kita akan belajar mengenai REST API menggunakan FLASK. Sebelum kita bahas lebih lanjut, terlebih dahulu kita akan belajar mengenai apa itu REST API?

REST (Representational State Transferadalah sebuah suatu arsitektur metode komunikasi yang sering digunakan dalam service-oriented architecture (SOA).

REST lebih sering digunakan daripada SOAP (Simple Object Access Protocol) karena penggunaan REST lebih mudah dipahami dan diterapkan dalam berbagai platform. 

Syarat-syarat arsitektur REST :

  1. Client-Server :  Aplikasi pada umumnya dipisahkan berdasarkan client dan server, hal ini dimaksudkan agar pengembangan aplikasi client dan server dapat dlakukan secara terpisah, sehingga lebih fleksibel dan mudah di scale.
  2. Stateless : Server tidak menyimpan segala informasi tentang client, dengan kata lain tidak boleh ada session. Semua informasi tentang client dimiliki oleh client.
  3. Cacheable : Cache diperlukan untuk menghindari akses ke data storage untuk pengambilan informasi yang sama berulang-ulang.
  4. Layered System :Client tidak mengetahui dia terkoneksi ke server yang mana. Hal ini dibutuhkan untuk meningkatkan scalability.
  5. Code On Demand : Server dapat menambahkan/mengurangi fitur client dengan cepat, contohnya dengan cara mentransfer kode javascript/java aplet.

Pada tutorial kali ini kita akan menggunakan FLASK sebagai framework REST kita. Apa itu FLASK? Apakah sama dengan FLASK DISK? hehehe

Flask adalah microframework dalam bahasa python. microframework adalah framework yang sangat minimal yang digunakan untuk web application framework. Microframework berkebalikan dengan full-stack framework seperti laravel dan django. Microframework tidak memiliki fitur Authentication dan Authorization, Object Relational Mapping (ORM),Session dan sebagainya.

Untuk memulai percobaan kita mengenai REST, simak langkah-langkah berikut ini :

1. Pastikan komputer anda sudah terinstall python, kemudian install pip dengan menggunakan command prompt python get-pip.py. Untuk code get-pip.py bisa dilihat di : https://bootstrap.pypa.io/get-pip.py

Rest API 1

2. Setelah pip terinstall, kemudian install flask dengan cara masuk ke directory C:\Python27\Scripts (folder instalasi python anda masing-masing) dengan mode administrator, kemudian ketikkan pip install flask

Rest API 2

3. Stelah flask terinstall, saatnya membuat script hello.py untuk melakukan uji coba (saya sengaja tidak menyertakan source code karena saya berharap anda bisa mengetik sendiri)Rest API 3

4. Simpan file tersebut, kemudian jalankan melalui command prompt python hello.py

Rest API 4

5. Sekarang coba buka melalui browser alamat http://localhost:5000 lihat apa yang terjadi

Rest API 5

6. Agar aplikasi flask dapat diakses dari luar menggunakan alamat IP (tidak hanya localhost), maka lakukan perubahan pada script hello.py seperti berikut ini

Rest API Setup Development 1

(bisa dengan port tertentu seperti di bawah ini)

Rest API Setup Development 2

Rest API Setup Development 3

Rest API Setup Development 4

7. Lakukan restart service dengan tombol CTRL+C kemudian ketik ulang python hello.py (setiap perubahan pada script selalu lakukan restart pada service file tersebut)

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *