comment 0

Microsoft Technology Associate (True Story menjadi Microsoft Certified)

Sertifikasi Microsoft

 

Sudah lama sepertinya saya tidak bisa menulis beberapa tutorial dan experiences di dunia IT (bahkan channel youtube juga terbengkalai sementara waktu). Karena tugas kampus yang lumayan menyita waktu, dan beberapa aktivitas di luar kampus yang membutuhkan mobilisasi yang tinggi pula. Akhirnya saya menyempatkan diri untuk menulis artikel ini, semoga bermanfaat. Scroll down :

Oke, tanpa basa-basi lagi, jadi beberapa waktu yang lalu, tepatnya awal bulan november 2016 saya berkesempatan untuk mendapatkan sertifikasi Microsoft Technology Associate pada sub kategori Software Development Fundamental dan HTML5.

Loh, bagaimana bisa? katanya sibuk? Yup, memang benar sekali. Ditengah kesibukan sebagai mahasiswa tingkat akhir, bimbingan kesana-kemari, tugas juga belum selesai-selesai akhirnya alhamdulillah bisa mendapatkannya juga. (Meskipun sedikit dadakan, hehehe).

Jadi mari kita pahami apa itu Microsoft Technology Associate . Saya memiliki sebuah infografis mengenai sertifikasi microsoft ini. Coba pahami gambar berikut ini :

mcsa-mcse

Nah, dari gambar tersebut bisa dipahami bahwa career path sertifikasi microsoft itu dimulai dari adanya MTA (Microsoft Technology Associate). Namun MTA yang mana?

MTA yang saya ambil adalah MTA Fundamental Track for Windows Store Applications using HTML5 (kolom ke-2 dari kanan). Dimana terdapat 3 tipe ujian masing-masing dengan nomor ujiannya.

361 : software development

362: Windows development

375: HTML5 App Development

Ingat? yang saya ambil adalah ujian nomor 361 (SDF) dan 375 (HTML5). Dengan skor lumayan lah heheheh,

Lalu bagaimana cara memperolehnya? secara umum sama seperti sertifikasi-sertifikasi lainnya, coba baca tulisan saya mengenai mendapatkan sertifikasi cisco

Oke kita bahas step-by-step :

  1. Tentukan terlebih dahulu career path yang ingin diambil (dimulai dari baris yang paling bawah, pilih mau jadi MTA yang mana)
  2. Kalau sudah, coba buat akun ke http://www.certiport.com  kemudian search tempat dimana anda ingin melaksanakan exam. seperti gambar dibawah ini. certiport cari testing location microsoft
  3. nah disitu terdapat testing center locator, cari yang paling dekat dengan lokasi anda. (kalau saya dulu ada di kampus ITS Surabaya yang kebetulan sedang diselenggarakan IndonesiaNext dari telkomsel *bukan promo ya* hehe).
  4. Kemudian klik pada bagian petanya. hasilnya anda akan dibawa ke halaman. http://www.certiport.com/Locator kemudian pilih pada menu dropdown sesuai dengan keinginan anda. sertifikasi microsoft gratis
  5. Nah kemudian akan muncul beberapa lokasi yang sesuai dengan kategori sertifikasi yang akan anda ambil.
  6. Saran saya adalah hubungi terlebih dahulu testing center tersebut, terkadang beberapa testing center memiliki SOP sendiri dan sekalian menanyakan tata cara ujian di testing center tersebut. Karena saya dulu diselenggarakan oleh event IndonesiaNext jadi semuanya sudah ditanggung oleh event tersebut, termasuk biayanya. Saya sama sekali tidak mengeluarkan biaya sepeserpun untuk mendapatkan sertifikasinya. Tinggal daftar, ikuti saja alurnya, ikut ujian. Enak kan???? hehehe
  7. Langkah selanjutnya adalah belajar. Pengalaman saya pribadi, saya tidak belajar untuk mengikuti sertifikasi ini (ini tips yang sangat tidak direkomendasikan, jangan ditiru). Tiba-tiba saya langsung datang dan mendaftar. Untungnya adalah di kampus saya ada mata kuliah yang mirip-mirip dengan materi di sertifikasi ini, jadi ya lumayan ingat hehehehhe. Oh iya, saya mengambil sertifikasi SDF itu menggunakan bahasa C# (C sharp), dan sertifikasi HTML5 menggunakan pengetahuan HTML dan CSS. Mayoritas materinya adalah mengasah algoritma, struktur data, function, dan penerapan syntax
  8. Langkah yang terakhir adalah DO IT!! tidak perlu takut untuk memulai. Kalau kita terus-terusan takut kapan kita bisa berkembang? setuju? Saya saja yang tidak belajar bisa, anda mungkin yang lebih jago pasti bisa.

Nah itulah beberapa pengalaman yang bisa saya bagikan bagi anda yang ingin mendapatkan sertifikasi dari microsoft ini. Kurang lebih seperti itu, kalau ada kekurangan atau kesalahan mohon tinggalkan komentar dibawah.

Semangat mengejar impian 🙂

 

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *