comment 0

Keuntungan Virtualisasi Server (Benefits of Server Virtualization)

Teknologi virtualisasi pada server sudah semakin berkembang dengan pesat. Banyak sekali perusahaan-perusahaan di Indonesia yang mulai mengimplementasikan virtualisasi pada server fisik mereka. Lalu, apa sih keuntungan dari virtualisasi server itu?

  1. Save Energy, mengapa? karena dengan menggunakan virtualisasi pada server, server fisik yang akan kita gunakan menjadi lebih sedikit. Sehingga penggunaan sumber daya seperti listrik lebih diminimalkan.
  2. Memperkecil Skala Jaringan, dengan virtualisasi server, kita menggunakan lebih sedikit server fisik, artinya lebih kecil pula jaringan yang akan kita buat, Penggunaan router, switch, dan rack yang akan digunakan untuk membangun infrastruktur jaringan menjadi lebih sedikit.
  3. Meningkatkan waktu Uptime, Karena semua VM’s (Virtual Machines) berada pada 1 server fisik/1 storage (sharing), maka waktu untuk uptime suatu server tergantung pada 1 server fisik tersebut. Hal ini lebih efisien ketimbang kita memiliki banyak server dengan waktu uptime yang berbeda-beda.
  4. Lebih Redundant, dengan menggunakan virtualisasi server, jaringan yang akan kita buat akan menjadi lebih redundant(mudah untuk backup). Misalnya, kita memiliki 2 buah server fisik A dan B, kemudian server A kita virtualisasi kan dengan menggunakan 5 VM diatasnya. Maka, server B bisa kita gunakan untuk backup server dari server A dengan 5 VM juga. Jika kita tidak menggunakan virtualisasi, maka kita akan membutuhkan 10 server fisik untuk membangun redundant server seperti ini (5 server utama, 5 server backup)
  5. Aplikasi yang terisolasi, karena semua Virtual Machines/Application kita bangun diatas 1 server, Maka tingkat keamanan dari aplikasi tersebut juga lebih terjamin.
  6. Memaksimalkan penggunaan aplikasi, perkembangan software yang semakin pesat menuntut kita menggunakan hardware yang canggih pula. Bayangkan, ketika kita mengimplementasikan aplikasi pada suatu server, kemudian beberapa bulan kedepan aplikasi tersebut membutuhkan update ke hardware yang lebih tinggi, apakah kita juga harus membeli server yang baru? Pemborosan dana!!! Dengan virtualisasi server, kita cukup meningkatkan spesifikasi pada saat konfigurasi VM nya sesuai dengan server fisik yang sudah ada saat ini
  7. Implementasi Cloud Computing, dengan menggunakan virtualisasi pada server ditambah dengan shared storage seperti NAS, maka dengan mudah kita bisa membangun infrastruktur cloud computing.
  8. Cloning aplikasi menjadi lebih cepat, mengapa? Karena hanya dengan menggunakan harddisk/flashdisk/SDCard kapasitas 10GB saja, kita bisa membuat Virtual Machines (Tentunya dengan shared storage yang terpisah), dan ketika kita ingin mengimplementasikan pada server fisik lain, kita cukup melakukan copy paste isi flashdisk tsb. mudah bukan?
  9. Tidak ketergantungan pada hardware, banyak sekali aplikasi-aplikasi pada server yang membutuhkan system requirements pada hardware merk tertentu. Dengan virtualisasi kita cukup melakukan setting konfigurasi pada VM nya

Jadi, apa pilihan anda?

Jika anda merasa butuh bantuan untuk implementasi, silahkan menghubungi kami. Kami siap melaksanakan tugas 🙂

No tags for this post.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *