comments 2

How To Be A VMWARE vExpert (my real experience), apa itu vExpert dan bagaimana memperolehnya

vExpert-2015-Badge by YBPranawa

 

Puji syukur saya ucapkan kepada Tuhan yang Maha Esa, atas rezeki yang telah dilimpahkan kepada saya. Terimakasih kepada kedua orang tua yang selalu memberikan doa dan support kepada saya, juga kepada seluruh rekan-rekan penggiat Teknologi Informasi di Indonesia dan di seluruh dunia, karena berkat anda semua saya berhasil mendapatkan predikat vExpert Q2 pada tahun 2015 ini.

Saya sangat bersyukur sekali mendapatkan penghargaan sebagai vExpert 2015 ini, karena ini adalah salah satu dari target yang telah saya idam-idamkan sejak tahun lalu. Pada saat saya menerima reputasi sebagai vExpert saat ini, posisi saya masih sebagai Mahasiswa semester 5 di salah satu Institut Teknologi yang ada di Surabaya. Baru kali ini pula saya mencoba untuk menjajal kemampuan saya untuk mendapatkan vExpert dan alhamdulillah bisa lolos.

Lihat pengumumannya di :

https://blogs.vmware.com/vmtn/2015/08/vexpert-2015-second-half-announcement-2.html

Tapi, disini saya juga ingin berbagi pengalaman mengenai bagaimana menjadi seorang vExpert dan apa saja langkah yang harus dilakukan. Karena saya berharap semakin banyak para pakar Teknologi Informasi yang ada di Indonesia ini.

Oke, lanjut saja. Sebelum masuk ke step-stepnya saya ingin menjelaskan apa itu vExpert.

The VMware vExpert program is VMware’s global evangelism and advocacy program. The program is designed to put VMware’s marketing resources towards your advocacy efforts. Promotion of your articles, exposure at our global events, co-op advertising, traffic analysis, and early access to beta programs and VMware’s roadmap.

Each year, we bring together in the vExpert Program the people who have made some of the most important contributions to the VMware community. These are the bloggers, book authors, VMUG leaders, speakers, tool builders, community leaders and general enthusiasts. They work as IT admins and architects for VMware customers, they act as trusted advisors and implementors for VMware partners or as independent consultants, and some work for VMware itself. All of them have the passion and enthusiasm for technology and applying technology to solve problems. They have contributed to the success of us all by sharing their knowledge and expertise over their days, nights, and weekends.

Bisa dilihat dari penjelasan diatas bahwa VMWARE vExpert adalah suatu penghargaan yang diberikan kepada seorang aktivis di bidang Teknologi Informasi. Mereka adalah seseorang yang memiliki potensi terbaik dalam membangun dan telah berkontribusi kepada publik mengenai virtualisasi pada kegiatan sehari-harinya. Perlu diketahui bahwa anda disini bersaing dengan para pakar di seluruh dunia yang jumlahnya bisa mencapai ribuan bahkan jutaan

Jadi, jika anda ingin menjadi seorang vExpert anda harus memiliki passion yang tinggi dan mau berkontribusi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan khususnya Teknologi Informasi kepada publik. Lalu, bagaimana cara agar masuk menjadi salah satu nominasi vExpert? Santai, ini ada caranya. Siapkan cemilan, mari kita bahas satu per satu 😀

Secara umum, VMWARE menyediakan 3 jalur untuk menyeleksi para calon vExpert

  1. Evangelist Path
    Yang dimaksud pada evangelist path disini adalah termasuk penulis buku, blogger, tool builder, pembicara publik, VMTN kontributor, dan profesional TI lainnya yang berbagi pengetahuan dan semangat mereka dengan orang lain dengan leverage platform publik pribadi untuk menjangkau banyak orang. Karyawan VMware juga dapat menerapkan melalui jalur Evangelist. Sebuah referensi karyawan VMware dianjurkan jika aktivitas Anda tidak semua di depan umum atau yang dalam bahasa lain selain bahasa Inggris.
  2. Customer Path
    Yang dimaksud pad customer path ini adalah pemimpin dari organisasi pelanggan VMware. Mereka telah menjadi orang tertinggi pada internal organisasi mereka, atau bekerja sama dengan VMware untuk membangun kisah sukses, bertindak sebagai referensi pelanggan, mengingat wawancara publik, berbicara di konferensi, atau pemimpin VMUG. Sebuah referensi karyawan VMware dianjurkan jika aktivitas Anda tidak semua di depan umum.
  3. VPN (VMware Partner Network) Path
    Yang dimaksud dengan VMWARE Partner Network disini adalah bagi karyawan perusahaan mitra yang memimpin dengan semangat dan memberi contoh, yang berkomitmen untuk terus belajar melalui akreditasi dan sertifikasi dan untuk membuat pengetahuan dan keahlian yang tersedia teknis mereka untuk banyak. Hal ini dapat mengambil bentuk partisipasi acara, video, generasi IP, serta ceramah umum. Sebuah referensi karyawan VMware diperlukan untuk calon jalur VPN.

Silahkan anda bebas memilih salah satu dari ketiga jalur yang sudh disediakan oleh VMWARE tersebut. Sudah saya jelaskan diatas bahwa kali ini adalah kali pertama saya apply vExpert dan mendapatkan vExpert untuk pertama kalinya juga. Pada Quarter 2 ini, VMWARE hanya menyeleksi 133 Orang dari seluruh dunia. Lalu, apa saja yang saya lakukan???? kok bisa ya mahasiswa seperti saya bisa mendapatkan vExpert seperti ini?? hehehe, saya tidak menyogok apalagi pakai dukun :D. Simak apa yang saya lakukan berikut ini.

  1. Awalnya saya tidak tahu sama sekali mengenai virtualisasi, saya hanya seorang mahasiswa Informatika biasa, seperti mahasiswa lainnya, saya hanya mengerti sedikit tentang jaringan dan software development. Toh, di kampus juga tidak diajarkan mengenai virtualisasi secara mendalam. Hanya biasanya install workstation saja, setelah itu tidak dibahas lagi lebih mendalam. Nah, berawal dari sini saya mulai belajar mengenai apa sih virtualisasi itu? Kok saya pernah menjumpai di salah satu server kampus saya ada virtual machine juga? Intinya pada tahap awal ini adalah tahap tentang penggalian informasi, minat, dan passion. Kalau tidak memiliki ketiga hal ini bagaimana mau berkontribusi??
  2. Setelah saya mengerti dasar hasil kepo tentang virtualisasi, saya kemudian mencoba belajar kepada orang lain. Bisa juga kepada mentor anda yang sudah menjadi vExpert atau kepada seorang praktisi yang juga menerapkan metode virtualisasi dalam kesehariannya di dunia IT. Pada tahap ini, carilah ilmu sebanyak mungkin, carilah hal yang tidak semua orang mengerti. JANGAN MALAS!!
  3. Mulailah untuk membuat artikel kecil-kecilan, jika masih duduk di bangku perkuliahan bisa membuat Karya Tulis Ilmiah, paper, blog, video, tutorial. Setelah membuat artikel dan segala perlengkapannya, PUBLIKASIKAN!! bisa melalui blog pribadi anda dan melalui media sosial elektronik maupun cetak. Intinya, berbagilah ilmu anda dengan orang lain,  JANGAN PELIT!! saya sendiri juga melakukan hal yang sama, dengan membentuk blog blog.pranawa.com ini dan membuat channel youtube https://www.youtube.com/channel/UC3ik1frpBaOhTXblCGZ1kwA dan mempublikasikannya melalui medsos facebook, twitter, instagram, path, dan semua media sosial saya. Tapi perlu diketahui, isi artikel anda jangan sembarangan, isi artikel seharusnya adalah real case dalam hal virtualisasi dan JANGAN COPY PASTE!!
  4. Bentuklah komunitas untuk berbagi ilmu, hal ini penting untuk menguji sampai seberapa ilmu anda dapat diterima oleh orang lain. Belum tentu orang yang sangat pintar itu bisa dengan mudah dimengerti ilmunya oleh orang lain, maka BERGAULLAH!!
  5. Buat event yang berkaitan tentang virtualisasi, bisa berbentuk seminar, public speaking, symposium, presentasi paper, menjadi pembicara dalam event IT, pameran, dan lain-lain. Pokoknya buat saja event tentang Teknologi Informasi yang banyak menarik minat publik.
  6. Ketika anda sudah memiliki banyak koneksi dari hal-hal yang anda lakukan diatas, maka segera lakukan Implementasi Project. Tidak harus project yang besar, bisa dimulai dari project kecil seperti virtualisasi server di lab, di sekolahan, dsb. Anda akan menemui hal baru diantara project-project yang telah anda lakukan. Mulai dari belajar mengenai kompatibilitas hardware, dll. Setelah implementasi, jangan lupa dokumentasikan. Selain anda bisa narsis anda juga memiliki bahan untuk evaluasi belajar lagi, hehehe
  7. Lakukan Evaluasi, Riset, Riset, dan Riset. Evaluasi semua yang sudah anda lakukan, mulai dari artikel sampai dengan implementasi project anda. Lakukan riset yang lebih mendalam lagi, bisa jadi anda menemukan teori atau metode baru best practice untuk virtualisasi.
  8. Yang terakhir jangan lupa berdoa dan meminta support dari semua elemen, hal ini penting karena anda tetap butuh koneksi agar project anda tetap bisa jalan.

Oh iya, VMWARE nampaknya juga tidak hanya memperhatikan virtualisasi saja, jadi tambahkan kontribusi anda juga tidak hanya dengan virtualisasi saja. Bisa dengan software, jaringan, dll tapi tetap pada dunia IT lhooo, hehehe

Tetap semangat, semoga sukses menjadi vExpert, saya tunggu di vExpert Community berikutnya!!!

2 Comments

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *